Minggu, 21 Maret 2010

Diposkan oleh Candra Yudiyanto





Tips Memilih Flash Disk
Seringkali kita bingung ketika akan membeli suatu barang, apalagi ini barang elektronik yang sangat kita butuhkan jika kita salah membelinya kita akan rugi dan menyesal. Salah satunya adalah Flash Disk. Lalu, adakah info tentang cara memilih Flash Disk? Apa saja yang perlu kita perhatikan dalam memilih Flash Disk? Mari ikuti informasi berikut ini:

1. Dukungan Software

Pilihlah Flash Disk yang kompatibel dengan berbagai macam sistem operasi tanpa harus mempergunakan driver khusus. Untuk yang satu ini, hampir semua flash disk telah menyediakannya.

2. Kecepatan Transfer Data

Ini yang sering luput dari perhatian kita ketika membeli flash disk atau yang lainnya, kecepatan transfer data. Hal ini karena akan mempengaruhi waktu yang dipergunakan dalam mentransfer data dari atau ke flash disk kita. Umumnya kecepatan transfer data flash disk berkisar antara 14 Mbps hingga 24Mbps. Namun kecepatan ini akan menurun jika mempergunakan kabel USB atau USB hub. Walaupun uSb 2.0 memiliki kecepatan yang lebih baik dibanding USB 1.1 yakni 1.5 Mbps. Itu pula yang akan menjawab pertanyaan kita ketika terkadang kita memasukkan flash disk lalu muncul notifikasi bahwa lebih baik dicolokkan ke USB 2.0.

3. Desain dan Kelengkapan

Tidak hanya desain yang menarik, tapi juga kelengkapan produk tersebut sperti cashing flash disk, kabel USB dan aksesoris lainnya.

4. Kapasitas Flash Disk

Sesuaikan kapasitas flash disk yang akan Anda beli dengan kebutuhan Anda. Jangan sampai Anda harus membeli lagi dalam jangka waktu dekat karena kurang memenuhi kebutuhan Anda. Idealnya sekitar 2 GB jika Anda termasuk yang cukup aktif dalam hal penyimpanan data. Akan tetapi tetap disesuaikan dengan budget yang Anda miliki.

5. Garansi

Usahakan garansi produknya lifetime. Hal ini guna membuat kita lebih nyaman. Hanya saja, rata-rata pemakaian flash disk adalah 2 hingga 3 tahun -bisa karena bosan atau membutuhkan kapasitas yang lebih besar lagi- sehingga menjadi landasan bahwa garansi cukup 2 atau 3 tahun saja.

6. Informasi Manufaktur dan Distributor

Pilih flash disk yang handal dan memiliki service center yang jelas agar memudahkan ketika ada masalah atau klaim sedangkan tempat Anda membeli tidak mau melayani klaim tersebut. Pastikan dengan menghubungi service center tersebut.
Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Poskan Komentar